Warga Tanah Siang Rela Berjalan Jauh Demi Sinyal Internet

Puruk Cahu, RBN – Bagaimana jadinya jika di era revolusi industri digital ini masih ada daerah yang warganya tidak dapat mengakses sinyal telepon selular dengan baik.

Hal ini terjadi di Kecamatan Tanah Siang, Kabupaten Murung Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, dimana nyaris sebagian besar wilayah Kecamatannya mengalami blankspot atau kesulitan untuk bisa mendapat sinyal handphone/ internet.

Acil warung, sebutlah demikian, salah satu warga Kelurahan Saripoi mengeluhkan jika di wilayahnya cukup kesulitan untuk mendapat sinyal internet, hanya diwaktu tertentu saja masyarakat dapat mengakses internet, salebihnya pada layar handphone terlihat indikator bertuliskan kwalitas sinyal E, yang berarti tidak dapat digunakan untuk mengakses internet.

“Daerah kami masih terisolir dari jaringan sinyal internet untuk sekelas ibukota Kecamatan, penduduknya masih kesulitan mendapatkan sinyal Gsm/ internet, kalau mau nginternet hanya ada waktu tertentu, padahal disini ada dua operator besar dengan tower menjulang tinggi,” keluh, Acil kepada RBN, (7/12/2019).

Kondisi tersebut juga kontras terlihat di Desa Karali. Puluhan anak muda rela mencari tempat yang lebih tinggi dan terbuka untuk mendapatkan sinyal internet, menurut sejumlah pemuda, mereka rela berjalan jauh hanya untuk mendapatkan sinyal internet yang lebih lancar, karena wilayah di Desa mereka hanya ada tempat tertentu untuk dapat mengakses sinyal internet.

Blankspot sinyal Gsm/ internet juga terjadi di beberapa Desa di wilayah Kecamatan Tanah Siang dan ini tentunya menjadi kendala bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi maupun berinteraksi dengan dunia luar. (mhdl)

SHARED

Komentar