Viral, Surat Edaran Sumbangan Rp 35 Ribu, Wawali Tangsel Minta Medikbud Hapus Komite Sekolah

TANGSEL, RBN – Keberadaan Komite Sekolah kini mulai menuai polemik, Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Benyamin Davnie, mengusulkan agar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menghapus keberadaan Komite Sekolah.

 

“Yang harus dibenahi sama Pak Menteri juga. Sekarang kan hadirnya komite juga kan dari pusat ya, dari menteri. Representasi orang tua, kan awalnya gini, hadirnya komite ini karena kegiatan belajar mengajar itu sekolah, masyarakat dan keluarga gitu kan, karena keluarga ini, hadirlah komite ini,” ujar Benyamin saat dihubungi, Sabtu (14/12/2019).

 

Diketahui, pembentukan Komite Sekolah ada pada saat zaman Muhadjir Effendy menjabat Mendikbud. Komite Sekolah dihadirkan melalui        Peraturan Mendikbud nomor 75 tahun 2016.

 

“Tapi ke depan mungkin komite enggak perlu lagi,” ujar Benyamin.

 

Pernyataan tersebut dikatakan Benyamin usai berbicara tentang surat edaran yang dikeluarkan Komite SDN Pondok Ranji 1. Edaran tersebut berisi permintaan kepada wali siswa untuk menyisihkan dana sebesar Rp 35 ribu demi acara purnabakti kepala sekolah.

 

 

Pihak komite juga sudah menyampaikan klarifikasinya bahwa besaran sumbangan Rp 35 ribu hanya sebagai patokan, tidak mutlak.

 

Uang yang dikumpul dari kelas I sampai V sekitar 700 lebih siswa itu rencananya akan dibuatkan acara panggung pertunjukan yang akan diisi oleh siswa sendiri.

 

Acara tersebut dimaksudkan sebagai persembahan perpisahan kepada kepala sekolah yang akan pensiun pada Januari 2020 mendatang.

 

Selain terkait SDN Pondok Ranji 1, permasalahan Komite juga pernah terjadi di SDN Pondok Pucung 2 yang berakhir pada pemecatan seorang guru.

 

Guru yang bernama Rumini tersebut mengungkap sejumlah pungutan tak wajar yang dilakukan sekolah dengan persetujuan komite, namun saat ditelusuri, sebagian wali murid tidak dilibatkan dalam persetujuan pungutan terkait uang komputer, uang kegiatan dan instalasi proyektor itu.(***)

SHARED

Komentar