Anda Termasuk Penerima Listrik PLN Gratis? Ini Arti Kode R1, R1T, R1M, dan R1MT

Jakarta, Radar Barito – Menindaklanjuti kebijakan Presiden Joko Widodo dalam hal pembebasan  pembayaran listrik 3 bulan, PLN langsung menyiapkan teknis pelaksanaan. Hal tersebut dilakukan untuk 24 juta pelanggan dengan daya 450 Volt Ampere (VA) dan memberikan diskon 50 persen bagi 7 Juta pelanggan dengan daya 900 VA bersubsidi.

Keringanan biaya listrik ini akan berlaku selama tiga bulan yakni April, Mei, dan Juni 2020. Hal ini dilakukan sebagai tindakan konkrit dan kepedulian PLN dalam upaya untuk meringankan beban masyarakat akibat wabah pandemi Covid-19.

“Kemarin, PLN langsung menyiapkan pelaksanaan teknis atas kebijakan Bapak Presiden. Pelanggan 450 VA dan 900 VA bersubsidi di PLN ada dua jenis, yakni yang memakai kWh meter pascabayar dan prabayar atau menggunakan token. Untuk yang pascabayar, tidak ada masalah, karena pembebasan tagihan akan diterima pelanggan pada setiap periode pembayaran” ujar Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini, beberapa waktu lalu.

Zulkifli menambahkan, Sementara untuk pelanggan pra bayar akan diberikan token gratis sebesar pemakaian bulanan tertinggi dari pemakaian tiga bulan terakhir. “Saat ini ada sekitar 24 juta data pelanggan 450 VA, ditambah 7 juta pelanggan 900 VA bersubsidi yang harus dimasukkan ke dalam sistem. Proses ini akan tuntas dalam sepekan ke depan, sehingga seluruh pelanggan yang digratiskan dan mendapatkan diskon sudah dapat terlayani seluruhnya. Mekanismenya kami buat yang paling mudah dan mungkin, sehingga tidak menyulitkan pelanggan,” imbuhnya.

Menurut Zulkifli, untuk yang pascabayar, tidak ada masalah, karena pembebasan tagihan akan diterima pelanggan pada setiap periode pembayaran. Sedangkan untuk pengguna token, sekarang sudah bisa diakses sebagaimana diumumkan PLN melalui Instagram resminya @pln_id.

Electrizen dapat memperolehnya dengan mengirimkan nomor ID Pelanggan ke WA dengan nomor 08122-123-123 atau melalui website PLN www.pln.co.id Dengan ID tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir untuk Pelanggan 450 VA dan sebesar 50% akan diberikan kepada pelanggan 900VA bersubsidi, dihitung dari pemakaian bulanan tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Mekanisme website dengan cara:

  1. Buka Alamat www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19
  2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar.
  3. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Atau anda juga bisa mengakses melalui WA ke nomor 08122-123-123. Dengan cara :

  1. Buka Aplikasi WhatsApp
  2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.
  3. Token gratis akan muncul
  4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Saat ini ada sekitar 24 juta data pelanggan rumah tangga 450 VA, ditambah 7 juta pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi yang harus dimasukkan ke dalam sistem. Proses ini akan tuntas dalam sepekan ke depan, atau paling lambat tanggal 11 April seluruh pelanggan yang digratiskan sudah dapat terlayani seluruhnya.

Arti Kode R1, R1T, R1M, dan R1MT

Dari keterangan di atas, pelanggan prabayar 900 VA yang mendapat diskon hanya yang bersubsidi. Lantas bagaimana cara mengetahui apakah Kita termasuk 900 VA subsidi atau bukan?

Silahkan pahami kode berikut:

A.Yang dapat gratis & diskon:

R1/ 450 VA (gratis)

R1T/ 450 VA (gratis)

R1/ 900 VA (diskon)

R1/T 900 VA (diskon)

B.Yang tidak dapat diskon

1.R1M/ 900 VA

2.R1MT/ 900 VA

Keterangan:

Berikut keterangan tiap kode:

R: Rumah tangga

M: Mampu/ tidak bersubsidi

R1: buat pascabayar

R1T: buat prabayar (token)

R1M: buat pascabayar yang Mampu

R1MT: buat prabayar yang Mampu

Nah, untuk mengetahui apakah anda dapat listrik gratis ataupun diskon , silakan dicek kode  di struk pembayarannya. (berbagai sumber)

 

SHARED

Komentar