Demi Memajukan Perekonomian Negara, Koperasi Harus Adaptif Ikuti Kemajuan Zaman

Palangka Raya – Ketua Komisi B DPRD Palangka Raya, Nenie A Lambung berharap, agar koperasi yang saat ini masih tumbuh berkembang di kota setempat, dapat terus menjaga eksistensinya sebagai salah satu tonggak penggerak perekonomian.

Dikatakan, seiring momentum peringatan Hari Koperasi Nasional yang diperingati setiap 12 Juli, maka koperasi didorong untuk senantiasa adaptif mengikuti perkembangan zaman.

“Sejatinya koperasi oleh para pendiri bangsa kita dirancang sebagai sokoguru atau tiang tengah dan tonggak perekonomian nasional. Dari hal tersebut, kita bisa menilai jika koperasi memiliki andil yang begitu besar dalam memajukan perekonomian suatu negara,”ungkapnya, Senin (17/7/22).

Begitupun lanjut Nenie, keberadaan koperasi yang ada di Kota Palangka Raya, maka diharapkan dapat memposisikan keberadaannya untuk terus maju mengikuti kemajuan zaman.

Disisi lain menurutnya, setiap pengurus koperasi harus memahami betul tujuan dari koperasi, yakni sebagai usaha bersama untuk mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan bersama. Harus disadari pula koperasi tumbuh dari gerakan kebangsaan sesuai usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan.

“Koperasi tumbuh di atas kejujuran, kesukarelaan, tolong menolong, dan gotong royong. Selain itu, koperasi juga mendidik kita untuk percaya pada kekuatan sendiri, kekuatan untuk menempa ekonomi rakyat yang lemah menjadi kuat,” tambah Nenie.

Adapun peringatan Hari Koperasi Nasional 2022 ini mengangkat tema ‘Transformasi Koperasi Untuk Ekonomi Berkelanjutan’. Oleh karena itu menurut Nenie, diperlukan upaya bersama untuk membuat koperasi selalu relevan dengan tantangan zaman.

“Perkembangan digital yang diisi berbagai startup, kini telah menjadi kantong baru penggerak ekonomi. Nah, koperasi harus adaptif dan jangan sampai tertinggal. Harus selalu berbenah menyajikan program perekonomian yang selalu relevan,”pungkasnya. (*)

Loading

SHARED

Komentar