Porprov Kalteng Yang Akan Dilaksanakan Di Sampit Masih Perlu Anggaran Rp 13,5 Miliar

Sampit – Panitia Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XII Kalimantan Tengah menyatakan masih memerlukan anggaran sedikitnya Rp13,5 miliar untuk kegiatan yang akan dilaksanakan di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur mulai 26 Juli 2023.

“Saat ini kami anggarkan sementara sebesar Rp13,5 milliar. Tapi kita lihat lagi siapa tahu ada yang tertinggal atau bagaimana. Saya akan bahas lagi dengan pimpinan,” kata Ketua Panitia Porprov XII Kalimantan Tengah yang juga Bupati Kotawaringin Timur, Halikinnor di Sampit, Rabu (21/6/23).

Hal itu disampaikan Halikinnor usai rapat persiapan Porprov XII Kalimantan Tengah di aula rumah jabatan bupati. Rapat dihadiri panitia, pengurus KONI Kalimantan Tengah dan KONI Kotawaringin Timur.

Banyak hal yang dibahas dalam rapat, mulai terkait perkembangan venue atau tempat pertandingan, penginapan, konsumsi, teknis pendaftaran, verifikasi atlet dan lainnya.

Beberapa hal yang dirasa menjadi kekurangan pada Porprov sebelumnya juga dibahas agar bisa diperbaiki sehingga tidak sampai terjadi lagi saat Porprov di Sampit.

Terkait anggaran, Halikinnor mengatakan tidak menutup kemungkinan akan bertambah karena masih ada beberapa yang akan disikapi demi kelancaran saat Porprov nanti.

Seperti halnya pengadaan sepeda yang awalnya dijanjikan disiapkan oleh Pengurus Provinsi Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI), ada wacana akan dianggarkan dalam persiapan panitia jika ternyata ISSI provinsi belum juga ada kejelasan memenuhi janji tersebut.

“Kita akan tagih dulu ke pengurus ISSI soal janji itu. Terkait anggaran untuk pelaksanaan Porprov tersebut, saya akan langsung bicarakan dengan Pak Sekda, Wakil Gubernur dan Gubernur Kalteng,” tambah Halikinnor.

Halikinnor berharap waktu lebih dari satu bulan ini bisa dimanfaatkan untuk mempersiapkan semuanya secara matang. Pemkab Kotawaringin Timur ingin memberikan yang terbaik agar kontingen dari seluruh kabupaten dan kota merasa aman, nyaman dan puas datang ke Sampit.

“Sebagai tuan rumah, kita ingin sukses dalam penyelenggaraan, serta sukses menjadi juara umum Porprov. Dengan dukungan semua pihak, saya yakin insya Allah semua ini bisa kita wujudkan,” ujar Halikinnor.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Tengah yang juga ditunjuk menjadi Ketua I Panitia Porprov XII Kalimantan Tengah, Hamka mengatakan, terkait usulan anggaran akan dibahas bersama dengan gubernur.

Dia menyatakan pemerintah provinsi berkomitmen menyukseskan Porprov XII di Sampit. Bahkan sebelumnya sudah Rp20 miliar anggaran dikucurkan untuk persiapan venue atau tempat pertandingan.

“Pemerintah provinsi berharap Porprov berlangsung sukses. Tidak saja sukses dalam event olahraganya, tetapi juga diharapkan membawa dampak besar terhadap perekonomian, khususnya di Kabupaten Kotawaringin Timur ini, seperti di bidang UMKM, penginapan dan lainnya,” demikian Hamka.

Sementara itu, rapat memutuskan bahwa Porprov XII Kalimantan Tengah di Sampit dilaksanakan selama 11 hari mulai 26 Juli hingga 5 Agustus 2023. Pemerintah daerah sudah berkoordinasi terkait lokasi hotel penginapan dan katering konsumsi yang bisa dipesan oleh masing-masing kontingen.

Pendaftaran online sudah dilakukan dan akan dilanjutkan dengan pendaftaran secara manual dengan jadwal yang akan ditetapkan secara bergantian untuk masing-masing kabupaten dan kota. (Antara)

SHARED

Komentar