Perolehan Medali Porprov Buka Jalan Atlet Kalteng Menuju Pra PON Dan PON XXI

Sampit – Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XII Kalimantan Tengah (Kalteng) Tahun 2023 telah memasuki hari ke-5 sejak dibuka secara resmi oleh Gubernur Sugianto Sabran pada Rabu (26/7/23) di Stadion 29 November, Sampit, Kotawaringin Timur (Kotim).

Porprov yang akan berlangsung hingga 5 Agustus 2023 ini memperlombakan 29 cabang olahraga, dengan jumlah atlet 4.600 orang, official 1303 orang, wasit dan juri 990 orang, serta panitia 182 orang, sehingga total 7.075 orang terlibat dalam event kali ini.

Pada hari ini ke-5, Minggu (30/7/23), Kota Palangka Raya sementara unggul dalam perolehan medali dengan 36 emas, 24 perak, dan 25 perunggu, sehingga total meraih 85 medali. Disusul Kabupaten Kotim dengan 35 emas, 33 perak, dan 49 perunggu, sehingga total meraih 117 medali. Sedangkan di peringkat ke-3 perolehan medali sementara, ada Kabupaten Katingan dengan 17 emas, 5 perak, dan 10 perunggu, sehingga total meraih 32 medali.

Medali yang diraih tersebut dapat membuka jalan bagi para atlet Kalteng untuk menuju Pra (Pekan Olahraga Nasional) PON. Di mana apabila lolos pada tahapan tersebut, para atlet akan mendapat kesempatan untuk berlaga di PON XXI Tahun 2024 di Aceh-Sumatera Utara.

Gubernur Sugianto Sabran berharap ajang Porprov akan melahirkan atlet-atlet berbakat yang mampu mengharumkan nama Kalteng di kancah nasional atau bahkan internasional.

“Kita semua tentu sangat berharap melalui Porprov ini, akan lahir atlet-atlet berbakat yang mampu mengharumkan nama Kalimantan Tengah lewat prestasi gemilang di kancah nasional seperti PON dan bahkan internasional,” harapnya.

Selain itu, Porprov ini juga diharapkan menjadi momentum kebangkitan prestasi olahraga Kalteng dengan mulai mengembangkan pembinaan atlet sejak dini dan berkelanjutan. (*)

SHARED

Komentar