Ganjar Tempati Posisi Teratas Di Survei Litbang Kompas, SMRC, Dan LSI

Jakarta – Bakal calon presiden (bacapres) dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo menempati posisi teratas mengungguli nama bacapres lainnya di 3 survei nasional. Setelah unggul dalam Survei Litbang Kompas dan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), nama Ganjar juga unggul di survei terbaru dari Lembaga Survei Nasional (LSI).

Dalam survei terbaru LSI terkait isu nasional dan peta kompetisi pemilihan presiden (pilpres) serta pemilihan legislatif (pileg), nama Ganjar unggul di simulasi tertutup 3 nama. Adapun dua nama bacapres lainnya ialah Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan mengungkapkan angka kenaikan nama Ganjar cukup signifikan di simulasi tertutup 3 nama jika dibandingkan tahun lalu. Ganjar mengalami kenaikan 5,3 persen suara jika dibandingkan dengan Agustus tahun lalu 2022.

“Ganjar unggul di 37 persen pada Agustus 2023, Prabowo di angka 35,3. Anies 22,2 persen, menurun dengan signifikan. Pertarungan terjadi di Ganjar dengan Prabowo,” ujar Djayadi dalam keterangan tertulis, Rabu (30/8/23).

Sementara itu, dalam simulasi Survei Litbang Kompas, Ganjar dipilih oleh 40 persen responden. Sedangkan Prabowo dipilih oleh 36,8 persen responden dan Anies didukung oleh 23,2 persen responden. Dalam survei SMRC, Ganjar mendapat dukungan 35,9%, sementara Prabowo 33,6%, dan Anies 20,4%.

Sebagai informasi, survei LSI dilakukan pada periode 3-9 Agustus 2023 dengan melibatkan 1.220 responden yang dipilih secara acak atau multistage random sampling. Adapun margin of error dalam survei ini sebesar 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95%. (detik.com)

SHARED

Komentar