Seni Beladiri Pencak Silat Indonesia Sedang Diupayakan Melaju Ke Olimpiade

Sampit – Ketua pelaksana Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) cabang olahraga (cabor) Pencak Silat Zulfikar berkeinginan dan berupaya pencak silat ikut berkontribusi dalam di ajang olimpiade. Hal ini disampaikan saat ditemui wartawan di Hotel Werra Sampit, Rabu (02/08/23).

Disampaikan, bahwa Pencak Silat merupakan olahraga  beladiri asli Indonesia. Olahraga beladiri ini pun sudah meranah ke berbagai negara, terwujud saat diadakan even Asian Games 2018 di Taman Mini Indonesia Jakarta.

Mengingat momen sejarah itulah, beladiri pencak silat optimis akan melaju ke ajang yang lebih tinggi yaitu olimpiade. Tentunya diperlukan beberapa negara yang harus ikut untuk menjadi syarat utama dalam kualifikasi ajang tingkat dunia tersebut.

Salah satu upaya termudah saat ini menurut Zulfikar, yaitu membina atlet untuk mendalami beladiri warisan nenek moyang tanah air ini dalam even Porprov, sehingga nanti terpilih atlet yang akan mewakili ke satu langkah ajang yang lebih tinggi Kerjurnas maupun PON.

“Dengan diadakan even ini akan menjadi ranah lanjutan usai pertandingan tingkat kecamatan dan kabupaten sehingga kelak akan melanjutkan ke jenjang lebih tinggi Nasional bahkan kelas Internasional,” ujarnya.

“Kami pun sedang mengupayakan beladiri tanah air ini masuk even bergengsi internasional yaitu olimpiade dengan mempertimbangkan kuantitas atlet untuk nantinya bisa berkontribusi ke daerah, bahkan negara lain dalam memperkenalkan lebih luas dan tentu kualitas atlet ditingkatkan dengan berbagai ajang lomba,” tambahnya.

“Untuk saat ini kami sedang menjalin hubungan ke negara barat Amerika untuk memperluas pencak silat dengan menyesuaikan aturan baru yang disepakati bersama sejak tahun 2022 dengan memberikan poin minus jika terjadi pelanggaran,” tutupnya. (*)

SHARED

Komentar