Upaya Cegah Penularan HIV/AIDs, DAD Kalteng Gelar Sosialisasi

Palangka Raya – Tingginya kasus HIV/AIDs di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), menjadi kerpihatinan Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng. Mencegah kasus HIV/AIDs terus meningkat DAD Kalteng gelar sosiiasi.

Sosialisasi tersebut digelar oleh Biro Kesehatan DAD Kalteng kepada ratusan mahasiswa dan masyarakat di Kota Palangka Raya. Ketua Umum (Ketum) DAD Kalteng H Agustiar Sabran, S.Kom melalui Biro Kesehatan Ayu Puspita mengatakan, kasus HIV/AIDs di Kalteng sejak 2015 hingga saat ini diangka 2.340 orang.

“Untuk kasus HIV sebanyak 1.354 orang dan AIDs sebanyak 986 orang, sehingga total seluruhnya 2.340 orang. Melihat data tersebut, tentu menjadi keprihatinan bagi kita semua, khususnya DAD Kalteng, sehingga kita melakukan sosialisasi agar masyarakat kita terhindar dari HIV/AIDs,” ucap Ayu Puspita, kemarin.

Dia menyampaikan, masyarakat Kalteng, khususnya generasi muda sebagai penerus bangsa, harus dapat menjadi generasi yang terhindar dari hal-hal negatif. Itu baik seprti pergaulan bebas, penyalahgunaan obat-obat terlarang, narkoba dan sejenisnya yang dapat merusak mental dan spiritual.

“DAD Kalteng akan terus mendukung upaya pemerintah dalam mencegah penularan HIV/AIDs,” ujarnya.

Menurut Ayu, stigma negatif terhadap penderita HIV/AIDs menjadi salah satu tantangan dalam pencegahan HIV/AIDs. Pasalnya, pandangan negatif itu membuat penderita menghindar dan tidak berani periksa serta menutup diri.

“Dengan kondisi itu, perlu adanya edukasi kepada masyarakat. Itu agar tidak ada stigma dan pandangan negatif kepada penderita HIV/AIDs, sehingga mereka mau berobat dan penularan dapat kita cegah sejak dini,” pungksnya. (*)

SHARED

Komentar