Peduli Kesehatan, Rumkit Bhayangkara Gelar Pelayanan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Palangka Raya – Rumah Sakit (Rumkit) Bhayangkara Tingkat III Palangka Raya memberikan layanan pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat sembari beristirahat seusai berolahraga pada Hari Bebas Kendaraan atau Car Free Day (CFD) di Jalan Yos Sudarso kota Palangka Raya, Minggu (14/1/24) pagi.

Hal itu dilakukan mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan mendukung program pemerintah dalam bidang kesehatan.

Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Bhayangkara Tingkat III Palangka Raya Kompol dr. Anton Sudarto melalui Ketua Tim Pelayanan Kesehatan Mobile (Yankesmob) saat itu Aipda Rahmadani menyampaikan, layanan ini untuk mendekatkan masyarakat agar memudahkan dalam mendapatkan akses pelayanan kesehatan secara gratis.

“Layanan yang diberikan mulai dari penimbangan berat badan, cek kadar gula darah, cek tekanan darah hingga konsultasi kesehatan dan gizi. Ini menjadi penting setelah melihat gaya hidup masyarakat yang sering mengonsumsi makanan cepat saji dengan pemanis berlebih,” tuturnya.

Lebih lanjut, Hendrawan mengatakan Penyakit Tidak Menular (PTM) saat ini mudah menghinggapi masyarakat tanpa memandang usia.

Contoh PTM yang rawan diderita seperti darah tinggi. Salah satu cara untuk menghindarinya dengan menerapkan pola makan yang sehat, yakni dengan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang cukup.

“Dari 74 pengunjung 19 di antaranya menderita darah tinggi dan kolestrol dengan rentang usia 45 tahun ke atas. Sebanyak 55 pengunjung lainnya ada juga yang sudah terindikasi dua PTM tersebut, meski di usia 30 – 40 tahun,” jelasnya.

Ia juga mengapresiasi atas kesadaran masyarakat kota Cantik Palangka Raya yang peduli akan kesehatannya.

“Di sini bisa berekreasi, berolahraga sambil mendapatkan layanan kesehatan, ini sangat baik dan harus diintensifkan,” terangnya.

Pengunjung CFD, Irma warga Keluarahan Menteng mengaku, terbantu ketika ingin mengetahui kondisi kesehatan tubuhnya saat sarana publik.

“Ini sangat praktis karena begitu ingin tahu kadar kolesterol, tinggal ngecek langsung sekalian olahraga,” pungkasnya. (*)

SHARED

Komentar