Pemprov Kalteng Akan Laksanakan Pemasangan Listrik Gratis Untuk 20.900 Rumah

Palangka Raya – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) akan melaksanakan pemasangan listrik gratis untuk 20.900 rumah tangga di 13 kabupaten dan satu kota. Pasalnya, pemasangan listrik gratis melalui penyediaan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di desa belum berlistrik.

Pemprov Kalteng melalui Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menganggarkan untuk pembangunan PLTS di desa belum berlistrik PLN. Pasalnya, itu berdasarkan data sehingga dibantu untuk mendapatkan pemasangan PLTS tersebut.

Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng Edy Pratowo mengatakan, selain pembangunan PLTS, Pemprov Kalteng akan membangun jaringan listrik baru bagi masyarakat yang belum ada jaringannya. Ada 5.500 jaringan listrik baru yang akan dibangun pada 2024 ini.

“Ada 5.500 jaringan listrik baru itu akan difokuskan bagi masyarakat tidak mampu dan telah terdaftar dalam data terpadu kesejahteraan sosial Kementerian Sosial RI. Dengan demikian, kita mendukung percepatan peningkatan Rasio Elektrifikasi dan Rasio Desa berlistrik di Provinsi KalKalteng yang masih RD PLN 73,65 persen dan RE PLN 94,53 persen,” katanya di Palangka Raya, Senin (12/2/24).

Wagub mengungkapkan, bahwa peranan listrik sangatlah penting dalam menunjang pembangunan. Karena itu mampu memberikan dukungan daerah.

“Oleh karena itu, listrik memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam mewujudkan tujuan pembangunan nasional maupun daerah. Sehingga tidak ada lagi daerah tidak mendapatkan listrik,” pungkasnya. (*)

SHARED

Komentar