Pemdes Tumbang Magin Melaksanakan Kegiatan Penanganan Akses TORA, Inventarisir Dan Verifikasi Penguasaan Tanah Kawasan Hutan Desa

Seruyan, Radarbarito.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Tumbang Magin Kecamatan Suling Tambun, Kabupaten Seruyan Provinsi Kalimantan Tengah, melaksanan kegiatan Penangan Akses Tanah Objek Reporma Agraria (Tora) Inventarisasi dan Verifikasi Penguasaan Tanah Dalam Kawasan Hutan Wilayah Desa. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Tumbang Magin dari Senin 20 Mei 2024 s/d Selasa 21 Mei 2024.

 

Pelaksanaan kegiatan tersebut dilakukan bersama Tim dari Balai Pemantapan Kawasan Hutan dan Tata Lingkungan (BPKHTL)  Provinsi Kalimantan Tengah, Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Tengah, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Kalimantan Fengah, Balai Perubahan Iklim Dan Pengendalian Provinsi Kalimantan Tengah dan Sekretariat Daerah Kabupaten Seruyan.

Kegiatan penangan Akses Tanah Objek Reporma Agraria (Tora) Inventarisasi dan Verifikasi penguasaan tanah dalam kawasan hutan wilayah desa tersebut di sambut baik oleh kepala desa tumbang magin, Hendrik. Ia turut bergabung dalam tim untuk memastikan titik lokasi penetapan tanah reforma agraria (Tora) yang di usulkan oleh desa tumbang magin.

 

“Tujuan kami terlibat dalam tim ini untuk memastikan dengan benar titik lokasi penetapan tanah reforma agraria atau Tora yang diusul desa tumbang magin,”ujarnya kepada Radarbarito,com pada, Kamis (23/05/2024)

Kepala desa tumbang magin berharap dengan adanya penetapan Tora tersebut aset tanah yang dimiliki bisa bermanfaat dan dapat bekerja sama dengan desa lain, kelembagaan masyarakat, kelembagaan pemerintah atau sektor dunia swasta lainnya, sehingga nantinya diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat desa tumbang magin.

“Kami berharap nantinya dengan adanya inventarisir dan verifikasi aset tanah yang dimiliki desa tumbang magin diharapkan dapat menjalin kerjasama dengan desa lain, kelembagaan masyarakat, kelembagaan pemerintah atau sektor usaha swasta lainnya sehingga dapat meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat desa tumbang magin,”pungkasnya.

 

Untuk diketahui dalam pelaksanaan kegiatan penangan akses Tora, Inventarisasi dan Verifikasi tersebut, desa tumbang magin menjadi satu-satunya desa diwilayah kecamatan suling tambun yang lolos verifikasi. (hen/tim)

 

SHARED

Komentar